Dua hal yang sering kita temukan
terkait memaknai kata blind spot adalah:
·
Blind
spot vision disebut skotoma, yaitu merupakan area pada retina tanpa reseptor
untuk dapat merespon cahaya. Blind spot dalam hal ini adalah sebuah daerah kecil
tanpa kemampuan penglihatan.
·
Blind
spot vehicle yaitu daerah disekitar
kendaraan (mobil) yang tidak terlihat atau tidak dapat diamati secara langsung
oleh pengemudi, sementara hal itu penting atau diperlukan untuk mengontrol
posisi dan laju kendaraan.
Bagaimana blind spot terkait perencanaan?
1. Memiliki arti yang sama yaitu
keterbatasan penglihatan, maka blind spot perencanaan adalah keterbatasan yang
dimiliki perusahaan untuk mampu melihat
kondisi diluar perusahaan yang memiliki pengaruh penting (menjadi
masukan) yang harus diperhatikan dalam merencanakan
2. Analogi yang sama dengan pengendara,
maka bagi pengendara semakin luas penglihatan semakin baik karena sangat
penting untuk menjamin keamanan mengendara. Demikian halnya dalam perencanaan, maka
semakin lengkap dan luas informasi eksternal yang diperoleh perusahaan akan
semakin baik hasil perencanaannya.
3. Sama halnya dengan kendaraan yang
menggunakan kaca spion untuk mengatasi keterbatasan penglihatan (kemampuan
untuk melihat kondisi sisi samping belakang pengendara), maka perusahaan butuh
“alat” atau “cara” agar mampu mengatasi ketidaktahuan informasi yang diperlukan
untuk perencanaan.
Contoh ketidaktahuan atau keterbatasan
penglihatan perusahaan adalah :
·
Perubahan
life style pelanggan, perubahan cara pelanggan dalam memutuskan pembelian?
·
Perubahan
teknologi yang cepat?
·
Regulasi
yang tidak jelas?
·
Iklim/cuaca
yang tidak menentu?, dll
Untuk mengatasinya, maka perusahaan
membutuhkan “alat” atau “cara”,
contohnya adalah :
·
Melakukan
segemntasi yang lebih “dalam” (micro segment) dan melakukan survey untuk
mengetahui keinginan dan harapan pelanggannya yang lebih spesifik
·
Mengikuti
pelatihan, seminar, pameran atau mendatangkan pakar untuk memberikan update
teknologi
·
Mengikuti
jurnal, berita, terlibat dalam forum, pelatihan, seminar atau mendatangkan
pembicara (regulator) untuk memberikan informasi terkait regulasi dan rencana
perubahannya
·
Memantau
ramalan cuaca secara kontinyu berikut analisa pakar yang menjelaskan untuk
dapat mengantisipasi perubahan iklim/cuaca.
·
Dll
Menarik apa
yang ditulis oleh Amber Singleton Riviere, DEC. 16, 2010 (www.gigaom.com),
bahwa 3 area
blindspot yang dimiliki oleh sebagaian
besar perusahaan (kecil – sedang), yaitu :
a. Mudah menyerah atau gampang untuk
angkat tangan
b. Tidak konsisten dan tidak tekun
mempromosikan bisnisnya
c. Merasa semua dapat dikerjakan sendiri
(kinerjaunggul.com)
No comments:
Post a Comment