Tuesday, November 10, 2015

INTELLIGENT RISKS

Peluang dimana potensi perolehan manfaatnya melebihi potensi mudarat atau kerugiannya bagi keberlanjutan organisasi bila kita tidak mengeksplorasinya. Mengambil intelligent risks memerlukan toleransi atas kegagalan dan ekspektasi bahwa inovasi tidak tercapai dengan hanya menginisiasi upaya keberhasilan. Di luar itu, organisasi harus menginvestasikan potensi sukses sambil menyadari bahwa ada kemungkinan untuk gagal.
Derajat risiko yang “intelligent” yang diambil akan bervariasi sesuai dengan kecepatan dan ancaman serta peluang dalam industri. Dalam industri yang cepat berubah dengan konstan dalam hal pengenalan produk baru, proses, atau model bisnis, merupakan kebutuhan yang nyata untuk menginvestasikan lebih banyak lagi sumber daya dalam intelligent risks dibandingkan dalam industri yang stabil. Di situasi industri yang stabil, organisasi memantau dan mengksplorasi potensi pertumbuhan dan perubahan – namun biasanya kurang komitmen yang signifikan atas penyediaan sumber daya. daftar istilah kunci (www.baldrige21)

Penulis mengilustrasikan seperti terdapat dalam tulisan “Are You Lighting Fires or Getting Burned?”, risiko diumpamakan sebagai  “nyala api” seandainya Anda takut kebakaran karenanya (menghindari api),  maka sesungguhnya yang terjadi adalah Anda akan tinggal dirumah dengan mandi air dingin, makan dengan makanan yang dingin, bahkan bisa jadi nyawa Anda terancam ketika datang musim dingin. Demikian halnya perusahaan, kebanyakan perusahaan lebih memilih menghindari risiko dengan anggapan akan terhindar dari kerugian yang besar.

Pertanyaan kemudian adalah, ternyata ada orang yang mampu mengelola api dengan efektif sehingga mereka sehari-hari makan dengan makanan yang hangat, tinggal dirumah yang hangat ketika musim dingin dan ……………..nyatanya rumah mereka tidak kebakaran.


Analogi yang sama perumpamaan diatas dengan perusahaan. Perusahaan yang “cerdas mengambil risiko” adalah perusahaan yang tidak sembarangan melakukan pengambilan risiko secara bodoh (maaf) atau menjadi pemberani yang tanpa perhitungan. Perusahaan yang mengeloloa risiko secara cerdas akan selalu menghitung “skala risiko”  dan mengambilnya sebagai bagian dari uapaya kunci menjaga kelangsungan usaha. (kinerjaunggul.com)

No comments:

Post a Comment