Mengapa Memilih Kriteria
Baldrige.
Tulisan ini ditujukan bagi
siapapun yang berkeinginan untuk meningkatkan kinerja organisasinya, tetap
bertahan dan selangkah lebih maju dalam kompetisi, dan meningkatkan
efektivitas. Mari bergabung dengan puluhan ribu organisasi yang bergerak di
bidang bisnis, layanan kesehatan, pendidikan, pemerintahan, bahkan nirlaba yang
telah sukses menggunakan "Criteria for Performance Excellence"
(Kriteria Baldrige) sebagai Kerangka Kerja Manajemen Kinerja.
Sejauh ini telah banyak pilihan
yang tersedia bagi kita untuk meningkatkan dan mengelola kinerja organisasi.
Tentu tidak mudah untuk memilih mana yang cocok dengan organisasi kita, bukan?
Setidaknya ada lima alasan mengapa pendekatan dengan Kriteria Baldrige memiliki
kelebihan dibandingkan dengan yang lain.
1. Kriteria Baldrige menyediakan suatu kerangka
untuk upaya peningkatan kinerja tanpa bersifat "mendikte." Suatu
organisasi didorong untuk mengembangkan pendekatan yang kreatif dan fleksibel
selaras dengan kebutuhan organisasionalnya serta untuk menunjukkan hubungan
sebab-akibat antara pendekatan ini dengan hasil-hasilnya.
2. Kriteria Baldrige bersifat inklusif. Kriteria
Baldrige menjabarkan suatu kerangka pengelolaan yang terintegrasi yang
melingkupi seluruh aspek organisasi, operasi, dan hasilnya; tidak seperti
pendekatan lain tertuju hanya pada satu aspek, misalnya kepemimpinan saja,
perencanaan strategis saja, atau manajemen proses saja.
3. Kriteria Baldrige fokus pada persyaratan yang
bersifat umum, bukan sekedar pada prosedur, "tools", atau teknik.
Upaya peningkatan lainnya seperti penggunaan standar ISO, Six Sigma, atau yang
lainnya dapat diintegrasikan ke dalam sistem manajemen kinerja organisasi dan
disertakan sebagai bagian dari respons persyaratan Kriteria Baldrige.
4. Kriteria Baldrige "adaptable".
Maksudnya Kriteria ini dapat digunakan oleh organisasi bisnis baik besar maupun
kecil, pendidikan, layanan kesehatan, organisasi pemerintah, nirlaba, baik
hanya berada di satu lokasi maupun yang tersebar di seluruh dunia.
5. Kriteria Baldrige unggul dalam praktek manajemen
tervalidasi. Kriteria Baldrige diperbaiki secara reguler untuk meningkatkan
cakupan dari kinerja yang didorong strategi, menanggapi kebutuhan seluruh
stakeholder, dan mengakomodasi kebutuhan dan praktek organisasional yang
penting.
Organisasi manapun dapat
menggunakan Kriteria Baldrige dalam rangka menilai kinerja sekaligus
memperbaikinya. Tanpa memandang besar-kecil dan sifat organisasinya, Kriteria
Baldrige dapat membantu menyelaraskan sumber daya; meningkatkan komunikasi,
produktivitas, dan efektivitas; serta mencapai tujuan strategis.
Kriteria Baldrige dapat digunakan
dalam:
Mendidik suatu organisasi tentang
prinsip-prinsip keunggulan kinerja. Dengan menciptakan bahasa yang sama untuk
penilaian (assessment) dan peningkatan kinerja maka Kriteria Baldrige telah
membantu peningkatan komunikasi dalam organisasi tersebut.
Melaksanaan Self-Assessment, yang
dapat membantu mengidentifikasikan kekuatan (strength) dan peluang-peluang
untuk peningkatan (opportunities for improvement) dalam suatu organisasi serta
mengembangkan rencana tindakan(action plan) untuk peningkatan.
Mengikuti program
"Award" baik di tingkat Nasional ("Malcolm Baldrige National
Quality Award" di Amerika Serikat) maupun di tingkat regional. Setiap
peserta program semacam ini akan menerima laporan umpan balik (feedback
report)berdasarkan assessment yang dilakukan oleh panel para ahli yang terlatih
dan diakui.
Jika organisasi Anda baru akan
memulai atau sedang dalam perjalanan menuju keunggulan kinerja, gunakanlah
Kriteria Baldrige. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut untuk
pelatihan dan konsultasi. Lihat juga: Why Baldrige?Pengenalan Baldrige, Kriteria
Baldrige & MBNQA Kriteria Baldrige (www.lembayungcenterindonesia.com)
No comments:
Post a Comment